Sebelum dikunjungi oleh Rangga dan Cinta di film AADC 2, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang berlokasi tidak jauh dari kompleks Candi Borobudur.

Dari bukit ini kita bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur lengkap dengan bentang alam yang begitu mempesona di sekelilingnya. Bukit ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama sunrise di sekitar Candi Borobudur.

Faktanya, bukit ini juga dikenal dengan nama Borobudur Nirvana Sunrise. Jadi, adalah hal yang lumrah kalau bukit ini banyak dikunjungi oleh mereka yang hunting pemandangan sunrise, seperti Rangga dan Cinta di film AADC 2.

Tak butuh waktu yang terlalu lama untuk bisa sampai di lokasi parkir Punthuk Setumbu. Dari depan kompleks Taman Wisata Candi kamu bisa ambil arah menuju Hotel Manohara. Tak jauh dari hotel ini akan dijumpai pertigaan dengan sebuah rambu-rambu bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise” alias Punthuk Setumbu. Tak sampai 15 menit kita akan sampai ke tempat yang kita tuju.

Punthuk Setumbu bisa dicapai dengan berjalan kaki selama sekitar 20-an menit dari lokasi parkir. Puncak bukit ini berada pada ketinggian 400 mdpl. Suasana selama trekking menuju puncak bukit sangat tidak membosankan. Karna, selain pemandangan hijau yang senantiasa terbentang, udara sejuk merupakan kemewahan yang akan kita dapatkan.

Punthuk Setumbu mendapat julukan Borobudur Nirvana Sunrise tentu dengan alasan yang jelas. Yaitu pemandangan matahari terbit yang begitu memukau. Dengan fakta ini, maka waktu terbaik untuk datang ke Punthuk Setumbu adalah saat subuh antara pukul 4 hingga pukul 5 pagi. Jika cuacanya sedang cerah, pemandangannya sangat spektakuler. Selain bisa melihat bangunan Candi Borobudur, kita juga bisa melihat betapa cantiknya si gunung kembar Merapi dan Merbabu di kejauhan sana. Belum lagi pemandangan hijau persawahan yang terbentang di hadapan mata. Benar-benar persembahan yang sangat sempurna dari alam semesta.

Alasan lain kenapa banyak wisatawan yang lebih memilih menikmati sunsrise dari Punthuk Setumbu adalah karna harga yang lumayan mahal untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur. Untuk bisa menikmati sunsrise dari balik stupa-stupa di Candi Borobudur wisatawan harus membayar Rp 230.000 untuk satu orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara mencapai Rp 380.000. Sedangkan untuk tiket masuk ke Punthuk Setumbu hanya Rp 15.000 untuk wisatawan domestik serta Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara. Alasan yang cukup masuk akal dengan pemandangan yang melebihi ekspektasi.